Profil ITN Malang


TENTANG INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
 
 


Institut Tekologi Nasional Malang atau lebih dikenal dengan nama ITN Malang pada awalnya bernama Akademi Teknik Nasional (ATN) Malang yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional Malang pada tanggal 15 Januari 1969 dengan membuka Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Sipil. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0104/0/1983 ditetapkan ATN Malang menjadi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dengan 2 Fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Adapun Visi dan Misi ITN Malang adalah:

VISI
Institut Teknologi Nasional Malang sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi terapan dan seni, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berbudi luhur, berjiwa kewirausahaan, profesional, dan berwawasan global.

MISI
  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi yang profesional dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi terapan dan seni yang unggul.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang inovatif, kreatif, produktif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam rangka pembangunan bangsa.
  • Menyelenggarakan penyebaran informasi serta pelayanan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  • Mengembangkan sikap kewirausahaan dan kemandirian di bidang kerekayasaan serta penerapan teknologi sesuai tuntutan pasar kerja nasional dan global.
  • Mengembangkan serta menjaga nilai etika akademis dan citra ITN Malang.
Hingga saat ini, ITN Malang memiliki 2 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana dengan 16 Jurusan/Program Studi dengan Jenjang Diploma Tiga, Strata Satu dan Magister Teknik. Untuk jenjang Diploma 3 harus menempuh 110 sks, jenjang S-1 harus menempuh 144 sks, dan jenjang S-2 harus menempuh 38 sks. Institut Teknologi Nasional Malang memiliki dua lokasi Kampus yang sangat representatif sebagai Kampus berbasis teknologi. Kampus I terletak di Jl. Bendungan Sigura-gura No. 2 dengan luas kampus sekitar 4.5 Ha, dan Kampus II terletak di Jl. Raya Karanglo Km. 2 dengan luas kampus sekitar 35 Ha (Kampus Terpadu) dari lahan seluas 65 Ha yang ada. Kedua Kampus ini terletak di Kotamadya Malang dan berjarak sekitar 7 km satu sama yang lainnya.
Kedua Kampus dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang modern dengan berbagai fasilitas seperti Auditorium, ruang Amphi, ruang Seminar, Lapangan Basket, Lapangan Volley, Lapangan Sepak Bola, Lapangan Badminton. Dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, ITN didukung oleh beberapa lembaga, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kerjasama (LPPK), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Lembaga Penerapan Teknologi (LPT) dan Pusat Peningkatan, Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI), Pusat Komputer (PUSKOM), Pusat Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Internet.
Previous
Next Post »